Monday, June 27, 2016

Sewa Motor Murah Ke Candi Borobudur


Candi Borobudursalah satu ikon wisata Indonesia dan pernah menjadi salah satu keajaiban dunia ini memang selalu asik untuk ditelusuri. Dari kota jogja, anda bisa menuju ke candi budha ini dengan menggunakan sepeda motor dari sewa motor jogja. tempat wisata popular di jawa tengah ini mempunyai luas 123x123 meter persegi. Terdiri dari 10 tingkat yang tersusun mengerucut. Bangunan ini tersusu dari balok vulkanik yang membentuk sebuah arca, kurang lebih ada 72 stupa, 504 arca dan satu stupa berukuran besar yang terdapat di puncak candi. Semua balok-balok tersebut disusun tanpa perekat sama sekali. Hanya disusun satu sama lain.

Menelusuri Jejak Peninggalan Budha
Pada dinding candi budha ini terdapat ukiran atau relief yang menceritakan sebuah legenda zaman dulu. Kurang lebih ada 1460 panel relief di candi ini. Setiap panel mempunyai panjang 2 meter. Panel-panel tersebut menceritakan tentang tingkatan kehidupan budha. Pada bagian bawah menceritakan tentang kamadathu yaitu perilaku manusia yang buruk penuh dengan nafsu dunia. Pada bagian tengah menceritakan Rapadatu yaitu mengenai manusia yang terbebas dari semua nafsu dunia. Tingkatan yang paling atas adalah arupadhatu yang berarti tingkatan dimana para dewa bersemayan.
Sebenarnya selain tiga tingkatan panel relief tersebut, juga ada tingkatan yang paling bawah. Letaknya terkubur di dalam candi. Dari para ahli mengatakan relief yang terkubur di dalam candi Borobudur tersebut bernama karmawibhangga. Tingkatan ini mempunyai arti sebagai tingkatan yang paling bawah dari manusia. Perilaku yang paling buruk dari manusia seperti membunuh, memerkosa dan kejahatan besar lainnya. Relief ini dikubur karena ada beberapa bentuk yang tidak sopan dan supaya candi tetap kokoh. Candi ini merupakan mahakarya besar yang dibuat dengan tangan manusia. Dulu tanpa adanya kecanggihan teknologi, manusia bisa membuat bangunan seindah itu. Anda bisa sewa motor jogja, untuk melihat semua keindahan itu.

Ada banyak hal yang bisa anda lakukan di candi peninggalan budha ini. Anda bisa belajar seni budaya dan sastra. Semua relief yang terdapat disini menceritakan sejarah sastra dan budaya. Anda bisa bertanya dengan pemandu wisata disini. Buat anda yang suka hunting foto Borobudur menjadi pilihan yang sangat tepat. Cobalah datang pada saat pagi hari atau sore hari. Anda bisa melihat keindahan matahari terbit dan matahari terbenam yang sangat memukau. Jika anda datang di siang hari anda juga bisa menghasilkan foto yang memukau. Ada banyak sekali spot menarik di candi ini. Dengan rerumputan hijau yang sangat luas.

Rute Dan Sewa Motor Jogja Candi Borobudur
Candi peninggalan budha ini buka dari jam 6 pagi sampai 5 sore. Biaya masuknya 30 ribu rupiah untuk orang dewasa dan 12 ribu untuk anak-anak. Untuk menuju ke tempat wisata ini sangat mudah. Dari arah jogja, anda bisa sewa motor di rental motor jogja. anda langsung menuju ke jalan magelang. Kalau sudah melewati muntilan yang banyak penjual kerajinan dari batu. Ada pertigaan ambil kiri, anda sudah masuk ke kawasan Borobudur. Kurang lebih 30 menit dari gerbang, anda sudah bisa melihat bangunan dari batu yang sangat tinggi.
Pada hari waisak candi Borobudur mengadakan sebuah acara. Ada banyak budha-budha dari berbagai penjuru datang ke tempat ini. Anda bisa melihat lampion yang di terbangkan. Tetapi ingat jangan mengganggu mereka yang sedang melakukan sembayang. Cukup melihatnya dari jauh. Selain itu jangan buang sampah sembarangan atau mencoret-coret candi. Kita harus selalu menjaga kebersihan candi. Datang ke tempat ini dengan menggunakan sepeda motor dari rental motor jogja lebih menyenangkan, karena anda akan melewati jalan yang penuh pemandangan hijau yang indah.
candi Borobudur merupakan candi peninggalan budha yang sangat besar dan mempunyai keindahan tersendiri.